Desain Rumah Mungil untuk Keluarga Kecil

Desain Rumah Mungil untuk Keluarga Kecil

Rumahku adalah Istanaku, itulah ungkapan yang seringkali kita dengar. Yups… berapapun ukuran rumah yang anda miliki tentunya anda merasa senang dan nyaman tinggal di rumah sendiri. Selain itu, memiliki rumah sendiri pastinya sangat menyenangkan, tidak seperti pada saat mengontrak rumah dimana anda harus mengeluarkan biaya setiap bulan untuk membayar kontrakan. Walapun ukuran rumahnya terbilang mungil, namun tentu lebih nyaman ketimbang harus mengontrak rumah.

 

Rumah mungil biasanya dihuni oleh anak muda, pasangan yang baru menikah, ataupun keluarga kecil yang hanya memiliki 2-3 orang anak saja. Jika sekarang ini anda memiliki lahan yang tidak terlalu luas dan ingin membuat rumah dengan ukuran yang mungil, sebaiknya anda simak tips membuat desain untuk rumah mungil berikut ini :

Desain Rumah Mungil untuk Keluarga Kecil

Membuat Denah Rumah

Denah rumah merupakan bagian yang paling penting dalam pembuatan desain rumah. Karena, dengan adanya denah rumah maka anda bisa mengetahui ukuran setiap ruangan yang ada di dalam rumah, sehingga dapat memudahkan anda untuk mengatur tata letak ruangannya. Hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan denah rumah adalah ukuran setiap ruangan. Buatlah ukuran dengan teliti supaya nanti tidak salah dalam penerapannya.

Bagian Interior Rumah

Bagian interior yang paling depan di dekat pintu masuk adalah ruang tamu. Di dalam ruangan inilah anda menyambut para tamu yang datang ke rumah anda. Maka dari itu, buatlah desain ruang tamu sebagus mungkin sehingga para tamu yang datang ke rumah anda merasa lebih nyaman dan tenang ketika duduk di dalam ruang tamu. Anda bisa meletakkan furniture yang berukuran minimalis mengingat luas lahan rumah yang kecil. Supaya menambah kesan yang indah pada ruang tamu maka berikan warna cat dinding yang cerah seperti biru, hijau, putih dan lainnya.

Setelah ruang tamu, bagian interior selanjutnya adalah ruang tengah yang juga sering digunakan sebagai ruang keluarga. Pada umumnya ruang keluarga ini seringkali digunakan untuk menonton televisi, kumpul keluarga, bercandan bersama, dan kegiatan santai lainnya. Anda bisa memberikan warna yang lembut seperti krem, abu-abu, dan juga biru muda. Selain itu, untuk ruang keluarga sebaiknya menggunakan konsep lesehan atau tanpa furniture sehingga terasa lebih luas dan lega.

Ruangan Berikutnya yaitu bagian ruang dapur. Disinilah para ibu rumah tangga beraktifitas menyiapkan masakan untuk keluarga tercinta. Maka dari itu, buatlah dapur senyaman mungkin agar masakan yang dihasilkan bisa terasa lezat. Jangan terlalu banyak furniture di dalam dapur, cukup anda letakkan peralatan masak dan juga kitchen set yang berukuran minimalis sehingga tidak terlalu memakan tempat.

Bagian interior rumah yang terakhir yaitu kamar mandi dan kamar tidur. Untuk kamar mandi karena letaknya berada di sudut ruangan maka pastikan diberikan cahaya lampu yang terang sehingga kamar mandi anda tidak terkesan menyeramkan. Sedangkan untuk kamar tidur, anda bisa memberikan warna yang lembut seperti abu-abu, krem, dan putih supaya istirahat anda terasa lebih tenang dan rileks.

Bagian Eksterior Rumah

Karena lahannya tidak terlalu luas, maka untuk bagian eksterior sebaiknya digunakan untuk parkir kendaraan saja. Namun, jika masih ada jarak lahan yang tersisa bisa anda gunakan untuk membuat taman kecil sehingga menambah kesan alami dan asri pada rumah mungil yang anda miliki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *